PERSONIL

NONAMANAMA JABATAN
1ARMAN NAWIR, S.Kom.KEPALA BIDANG PENGENDALIAN PEGAWAI
2MUH. YUSRAN RAHMAN, SHKEPALA SUB BIDANG DISIPLIN DAN PENGHARGAAN ASN
3A. BAHRAWATI, S.STPAnalis Pelanggaran Disiplin
4 NURHAEDAH, S.Sos.KEPALA SUB BIDANG KEDUDUKAN PEGAWAI
5ASMAWATI, SEAnalis Kesejahteraan Sumber Daya Manusia Aparatur
6ERIKA DIANA RISANTI, S.APKEPALA SUB BIDANG MUTASI, ROTASI DAN PROMOSI
7SANRAWATI, SEPenyusun Rencana Mutasi
8FIRDAUSPengelola Kepegawaian
   
   

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

 

KEPALA BIDANG PENGENDALIAN PEGAWAI

Bidang Pengendalian Pegawai dipimpin oleh Kepala Bidang, mempunyai tugas pokok membantu Kepala Badan dalam merumuskan kebijaksanaan dan mengoordinasikan kegiatan penyusunan program kerja dan anggaran serta merumuskan pelaksanaan manejemen Aparatur Sipil Negara, pengelolaan administrasi, penetapan status dan kedudukan Pegawai Negeri Sipil, administrasi kepangkatan, pemindahan dan pemberhentian, administrasi kenaikan pangkat serta disiplin dan pemberian penghargaan Aparatur Sipil Negara.

Kepala Bidang dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

  • perumusan rencana program dan kegiatan Bidang Pengendalian Pegawai;
  • pelaksanaan administrasi kepangkatan, mutasi, rotasi, promosi, penetapan status dan kedudukan pegawai, disiplin dan pemberian penghargaan Aparatur Sipil Negara;
  • pelaksanaan sosialisasi peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan proses pelayanan administrasi mutasi, kenaikan pangkat, penetapan status dan kedudukan pegawai, disiplin dan pemberian penghargaan Aparatur Sipil Negara;
  • pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait;
  • pelaksanaan pengendalian, pemantauan dan evaluasi, serta membuat laporan hasil pelaksanaan tugas; dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

Tugas Pokok dan fungsi Kepala Bidang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) meliputi:

  • merumuskan rencana kegiatan Bidang Pengendalian Pegawai;
  • melaksanakan proses administrasi kenaikan pangkat dan perpindahan Pegawai Negeri Sipil;
  • melaksanakan mutasi, rotasi dan promosi;
  • melaksanakan dan menyelesaikan proses administrasi pengangkatan dalam jabatan;
  • melaksanakan manajemen penginputan data kenaikan pangkat dan pensiun Pegawai Negeri Sipil ke dalam aplikasi sistem informasi kepegawaian;
  • merumuskan kebijakan dan melaksanakan penyelesaian sengketa kepegawaian;
  • melaksanakan administrasi kepegawaian status dari calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, penerbitan kartu pegawai, kartu istri dan kartu suami serta merumuskan kedudukan pegawai negeri sipil dalam penyelenggaraan pemerintahan;
  • merumuskan standar operasional dan prosedur pelayanan mutasi kepegawaian, kedudukan pegawai, disiplin dan penghargaan Aparatur Sipil Negara;
  • menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

SUBBIDANG DISIPLIN DAN PENGHARGAAN APARATUR SIPIL NEGARA

Subbidang Disiplin dan Penghargaan Aparatur Sipil Negara dipimpin oleh Kepala Subbidang, mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pengendalian Pegawai dibidang penyelesaian sengketa kepegawaian dan fasilitasi penghargaan Aparatur Sipil Negara.

Tugas pokok Kepala Subbidang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

  • menyusun rencana kerja Subbidang Disiplin dan Penghargaan Aparatur Sipil Negara;
  • menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Subbidang Disiplin dan Penghargaan Aparatur Sipil Negara;
  • melakukan pendataan dan pelaporan terhadap Pegawai Negeri Sipil yang melakukan pelanggaran disipilin dan/atau pelanggaran pidana;
  • memproses administrasi penyelesaian sengketa kepegawaian dan penjatuhan sanksi disiplin Pegawai Aparatur Sipil Negara;
  • membuat pertimbangan dalam penyelesaian sengketa kepegawaian, penjatuhan sanksi disiplin berat sesuai dengan norma, standar dan prosedur serta ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • melakukan proses administrasi dalam rangka pemberian penghargaan kepada Aparatur Sipil Negara;
  • melakukan pengendalian, pemantauan, dan evaluasi serta membuat laporan hasil pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

SUBBIDANG MUTASI, ROTASI DAN PROMOSI

Subbidang Mutasi, Rotasi dan Promosi dipimpin oleh Kepala Subbidang, mempunyai tugas pokok membantu kepala Bidang Pengendalian Pegawai dalam melaksanakan proses administrasi kenaikan pangkat dan perpindahan Pegawai Negeri Sipil, melaksanakan dan menyelesaikan proses administrasi pengangkatan dalam jabatan, dan melaksanakan manajemen penginputan data kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil kedalam aplikasi sistem informasi kepegawaian.

Tugas pokok Kepala Subbidang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

  • menyusun rencana kerja Subbidang Mutasi, Rotasi dan Promosi;
  • menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Subbidang Mutasi, Rotasi dan Promosi;
  • membuat dan menyiapkan daftar nominatif pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrasi dan pejabat fungsional yang akan memperoleh kenaikan pangkat dan/atau akan dimutasikan;
  • melakukan penginputan data usulan kenaikan pangkat dalam sistem aplikasi pelayanan kepegawaian;
  • menginventaris, memeriksa dan menyelesaikan administrasi kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil;
  • membuat telaahan staf dan memperoses usul alih tugas Pegawai Negeri Sipil antara kabupaten/kota dalam suatu provinsi, serta alih tugas Pegawai Negeri Sipil ke departemen/lembaga pemerintahan non departemen atau sebaliknya;
  • memproses penyelesaian pengangkatan, dan pemindahan Pegawai Negeri Sipil dalam dan dari jabatan pimpinan tinggi pratama jabatan administrasi dan jabatan fungsional;
  • melakukan pengendalian, pemantauan dan evaluasi serta membuat laporan hasil pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi.

 

SUBBIDANG KEDUDUKAN PEGAWAI

Subbidang Kedudukan Pegawai dipimpin oleh Kepala Subbidang, mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pengendalian Pegawai dalam melaksanakan administrasi peralihan status dari calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil, penerbitan kartu pegawai, kartu istri dan kartu suami serta melaksanakan administrasi kedudukan Pegawai Negeri Sipil dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Tugas pokok Kepala Subbidang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

  • menyusun rencana kerja Subbidang Kedudukan Pegawai;
  • menyusun standar operasional prosedur dalam pelaksanaan kegiatan pada Subbidang Kedudukan Pegawai;
  • memproses surat keputusan peralihan status dari calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil dan perhitungan masa kerja;
  • memproses administrasi penetapan kartu pegawai, kartu istri dan kartu suami;
  • memproses dan menyelesaikan administrasi izin perkawinan dan izin perceraian Pegawai Negeri Sipil;
  • melaksanakan fasilitasi dalam administrasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara;
  • melakukan pengendalian, pemantauan, dan evaluasi serta membuat laporan hasil pelaksanaan tugas; dan
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan berkaitan dengan tugas pokok organisasi guna mendukung kinerja organisasi

Softfile “Tupoksi Bidang Pengendalian Pegawai-BKPSDMA Kab. Sinjai” dapat diunduh dengan tombol berikut :